Menurut hasil studi, 1 dari 2 perusahaan atau 44% dari perusahaan akan memiliki blog pada tahun 2012.
Berikut adalah mengapa 23 alasan itu ada dalam rencana bisnis perusahaan.
Optimasi Web Traffic dan Mesin Pencari:
1. Web Traffic: 55% dari perusahaan melaporkan makin meningkatnya lalu lintas ke situs Web atau blog mereka (sumber: Hubspot).
2. Peringkat Pencarian (Search) yang Tinggi: 97% blog
menerima link lebih banyak dari situs-situs lain yang merupakan faktor
utama untuk meningkatkan peringkat pencarian. Algoritma Google lebih
mungkin untuk mengenali perusahaan sebagai suatu "Authority" dan ini
adalah kriteria utama mereka untuk menentukan peringkat pencarian
(sumber: Hubspot).
3. Link-Link Berkualitas : Link dari blog sebuah
perusahaan diakui sebagai link berkualitas oleh mesin pencari dan
merupakan bagian integral dari setiap program pencarian oleh para ahli
SEO (Sumber: SEOmoz).
4. Efektivitas Biaya: Selain berkualitas tinggi, link
dari blog adalah pengeluaran biaya yang efisien, karena tidak ada biaya
saat berkomentar di blog dan membalas kembali. Atau integrasi antar blog
dan pelanggan tak memakan biaya, dibanding perusahaan harus
mengeluarkan biaya untuk iklan di media jenis lain.
5. Identifikasi Kata Kunci (Keyword): Kata kunci dari
perusahaan, terutama di headline dan paragraf pertama blog, mengirim
sinyal ke mesin pencari bahwa konten terus-menerus diperbarui dan
website yang dikelola selalu dinamis.
6. Berpeluang Besar Muncul di Mesin Pencari: Perusahaan
dengan blog lebih berpeluang diindeks halaman mesin pencari, sekitar
434% peluangnya di mesin pencari (sumber: Hubspot)
Kurasi Konten:
7. Email: Blog dapat memfungsikan email. Dengan cara ini perusahaan menjangkau konsumennya secara lebih luas.
8. Ebooks: Di blog perusahaan dapat menyediakan e-book guna lebih menarik perhatian pengunjung.
9. Webinar: Blog dapat menyediakan fasilitas chat sehingga perusahaan bisa lebih interaktif dengan konsumen.
10. Facebook: Konten kunci dalam sebuah blog dapat dibagikan sebagai posting Facebook yang relevan.
11. Twitter "microblogs": Manfaat utama Twitter adalah
menjadi platform microblogging dengan menggunakan link singkat. Karena
itu blog perusahaan dapat menyebarkan idenya via twitter. Dengan kata
lain twitter itu sendiri dapat dimanfaatkan dengan semestinya apabila
perusahaan memiliki sebuah blog.
12. LinkedIn: Dalam kotak status perusahaan, orang dapat mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan.
Berbungan dengan sesama Blogger dan Melakukan Advokasi:
13. Share Konten: Ingin membangun hubungan dengan para
pemimpin industri? Dengan blog perusahaan dapat mengukur kualitas antar
perusahaan sehingga dapat berbagi pemikiran yang terbaik bagi kemajuan
usaha.
14. Postingan Tamu: Pemimpin industri yang nota bene unggul dibidangnya dapat diundang sebagai blogger tamu di blog perusahaan.
15. Mendaftar ke Technorati: Technorati memberikan skor
kepada blog dan postingan. Skornya antara 0-1000 dan itu merupakan
jumlah link dalam enam bulan terakhir. Ini adalah cara yang bagus untuk
menemukan blogger yang paling relevan untuk kategori perusahaan. Bisa
dimanfaatkan pula oleh perusahaan sebagai pembanding terhadap perusahaan
dengan kategori yang sama.
16. Metrik Bersaing Web Traffic: Dengan adanya blog,
perusahaan dapat mengukur lalu lintas web blog. Juga memungkinkan
perusahaan melihat trend untuk satu tahun kedepan atau lebih.
17. Pengukuran oleh Alexa:
Alexa memungkinkan perusahaan melihat demografi pengunjung, kata kunci
dan situs yang sebenarnya yang memiliki pranala ke website atau blog
perusahaan.
1-ke-1 Hubungan:
18. Mendengarkan Pelanggan: Survey menunjukkan 75%
dari pelanggan mengirim komentar di blog sebuah perusahaan tentang
produk dan layanan pelanggan; blog menggunakan 88% untuk penelitian dan
browsing dan klik% 91 melalui website perusahaan (sumber: Shop.org)
19. Membangun Hubungan Langsung:
Yang dibutuhkan adalah komentar dan balasan untuk mengambil langkah
berikutnya dan memiliki hubungan 1-ke-1. Orang ingin melakukan bisnis
dengan orang yang mereka kenal.
20. Menjual Langsung: Dengan sertifikat SSL dan account PayPal, Perusahaan dapat menjual produk dan layanan langsung dari blog.
Return On Investment (ROI):
21. Pelanggan dan Blog Perusahaan: 75% pelanggan membaca setidaknya dalam satu hari (sumber: Sherpa).
22. Pengaruh Blog dan Keputusan Pembelian: 75% mengatakan keputusan pembelian karena efek blog, baik agak atau sangat banyak (sumber: Sherpa).
Kepercayaan:
23. Sumber Paling Terpercaya Datang dari Media Sosial:
64% orang percaya informasi dari sebuah blog. Artinya, jika blog ini
ditulis oleh orang di perusahaan. Orang ingin melakukan bisnis dengan
orang yang mereka kenal (sumber: eMarketer).
Apakah sebuah blog ada dalam rencana bisnis perusahaan Anda untuk 2012?
Kalau ada alasan mengapa tidak? Ga punya blog? Ndeso! kata mas Tukul.
Sumber: http://barnraisersllc.com